an

Cara Memperbaiki Sendiri Mesin Motor yang Banjir


Sumber: 4.bp.blogspot.com

Memperbaiki mesin motor yang banjir sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri. Jika Anda tidak punya cukup waktu untuk menunggu beberapa hari sampai bensin yang membanjiri bagian dalam mesin motor Anda menguap, ada beberapa cara praktis yang bisa dipraktekkan untuk mengatasi masalah ini dalam waktu 30 menit. Peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan busi motor baru (untuk berjaga-jaga), kunci pas untuk melepas busi dan kain bekas untuk menyerap bensin.

Hal pertama yang harus dilakukan jika motor Anda tidak menyala akibat mesin banjir adalah mencopot busi. Periksa apakah busi dalam keadaan basah. Jika iya, cobalah untuk mengeringkannya dengan lap sampai benar-benar kering. Jemur busi dibawah sinar matahari atau usahakan agar terkena angin.

Selanjutnya, tutup saluran bensin dan choke pada karburator. Dengan berdiri di sisi motor tempat karburator berada, miringkan motor pada arah sisi tersebut, untuk mengalirkan sisa-sisa bensin yang mungkin telah terkumpul dalam tabung overflow karburator. Lap bensin yang mungkin mengalir keluar dengan kain bekas, lalu kick start motor (dengan keadaan busi tercopot) selama 8 atau 10 kali untuk mengeringkan kompresi silinder.

Setelah itu, pasang kembali busi yang tadi dicopot atau busi baru yang telah disiapkan. Dengan saluran bensin dan choke masih dalam posisi off (tertutup), kick start motor kembali selama beberapa kali. Segera buka saluran bensin setelah proses kick start dan masalah mesin motor banjir sudah teratasi.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment