an

Tips Menambah Kinerja Karburator Kendaraan


Sumber: jalopnik.com

Karburator memainkan peranan besar dalam kendaraan bermotor, ia bertugas mengatur jumlah bahan bakar yang dikonsumsi oleh mesin. Dengan mempertimbangkan harga bahan bakar yang tak pernah stabil dan cenderung terus naik, serta tingkat seringnya seseorang berkendara, mengoptimalkan performa karburator kendaraan Anda untuk mendapatkan perbandingan tepat antara konsumsi bahan bakar dengan jarak tempuh tentu menjadi sebuah pilihan yang cerdas.

Nah 6 hal dibawah ini adalah cara-cara untuk mengoptimalkan kinerja karburator kendaraan Anda secara praktis dan mudah:

Sesuaikan percampuran antara udara dan bahan bakar dengan mengubah setelan asupan udara
Asupan udara ke mesin sangat penting karena berkaitan dengan proses mengubah bahan bakar menjadi energi. Ketika mesin sebuah kendaraan tak mendapatkan cukup oksigen, secara otomatis mesin tersebut mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak.

Bersihkan karburator secara teratur
Karburator yang kotor tentu menghalangi jalur-jalur udara dan bahan bakar, sehingga penggunaannya menjadi tak efisien. Gunakan cairan pembersih karburator untuk hasil maksimal.

Gunakan minyak pelumas
Pelumas dapat berperan sebagai penutup paking-paking dalam karburator. Penggunaan jumlah pelumas secukupnya pada setiap paking di dalam karburator dapat membantu mengoptimalkannya. Pelumas juga membantu mencegah paking menempel di pipa atau pada karburator.

Upgrade dan rawatlah ban kendaraan
Hal ini terkait langsung dengan penghematan bahan bakar. Menurut penelitian, mengganti ban kendaraan Anda dengan ban radial dapat menghemat penggunaan bahan bakar sampai 10%. Cek juga tekanan ban Anda secara teratur dan berkala.

Kontrol kecepatan, berhenti dan akselerasi kendaraan
Sama seperti tiap elemen spare parts di dalamnya, cara mengemudi Anda juga berpengaruh pada kondisi karburator kendaraan. Yang terpenting bukanlah seberapa cepat atau seberapa lambat Anda mengemudi, namun lebih karena mesin bisa mendapatkan hitungan pas antara konsumsi bahan bakar dengan jarak tempuh saat berada dalam kecepatan yang konstan dan tidak berubah-ubah.

Memodifikasi sistem kemudi
Sistem kemudi yang baik dapat meningkatkan performa dan akselerasi dalam mengontrol tenaga yang didapat dari mesin. Sebagai contoh, modifikasikan sistem power steering kendaraan Anda.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment