an

Pentingnya Mengganti Busi Secara Berkala


Sumber: carid.com


Busi menjalankan tugas yang penting pada kendaraan bermotor. Mereka memproduksi aliran listrik yang menyulut percikan api dari percampuran antara bahan bakar dan udara di dalam ruang pembakaran pada mesin, sehingga menggerakkan piston-piston di dalamnya bergerak naik turun. Pergerakan piston inilah yang membuat roda kendaraan Anda bisa berputar. Hal tersebut membuat busi menjadi salah satu bagian penting dari keseluruhan proses; memulai proses pembakaran internal dalam mesin kendaraan Anda.

Dan layaknya bagian-bagian dari kendaraan yang lain, busi juga mempunyai masa pakai. Selain lama pemakaian, hal-hal lain yang mempengaruhi tingkat keawetan busi diantaranya adalah pemakaian pada mesin-mesin dengan tingkat performance tinggi, mesin ber-RPM tinggi dan tekanan langsung yang didapat busi dari suhu panas akibat pembakaran didalam mesin.

Alasan-alasan diatas membuat pentingnya penggantian busi kendaraan Anda secara berkala. Lalu, kapan biasanya sebuah busi bisa bertahan? Busi dengan kualitas standar biasanya sanggup bertahan sekitar 16-30 ribu kilometer. Sedangkan busi dengan kualitas baik mampu digunakan sampai 90 ribu kilometer, bahkan lebih.

Jika Anda kebetulan tidak mencatat masa pakai atau masa tempuh busi, berikut ini adalah beberapa gejala yang bisa membantu. Yang paling pertama adalah apabila mesin sudah mulai sulit untuk dinyalakan. Lalu mesin terasa kasar, sering mogok dan bahan bakar yang terlalu cepat habis lebih dari biasanya. Mengecek tampilan busi secara langsung juga bisa membantu untuk menilai sebuah busi masih layak pakai atau sudah usang.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment