an

Trik Tetap Aman Menyetir Mobil di Tengah Hujan Deras


Sumber: douglasstafford.com

Musim hujan hampir tiba. Mobil Anda pun harus siap menerjang hujan deras, kemacetan panjang dan banjir. Selain mobil harus siap secara mesin dan performa, Anda sebagai pengemudi pun harus mempersiapkan diri. Dibawah ini adalah beberapa trik agar mengemudikan mobil ditengah hujan deras tetap aman.

Yang pertama-tama, sebelum Anda terpaksa pergi menembus hujan badai dengan mobil adalah memeriksa keadaan lampu-lampu mobil. Pastikan semua lampu dalam kondisi baik. Kenapa lampu? Alasannya simpel, lampu dapat memberitahu posisi mobil Anda saat melaju menantang hujan/banjir/badai nanti. Dan sebaiknya, pilihlah lampu yang tidak sampai menyilaukan pengemudi lainnya.

Kedua, perbaiki gaya menyetir Anda. Ingat, jarak yang dibutuhkan mobil untuk berhenti menjadi bertambah dua kali lipat saat ban dan rem dalam keadaan basah. Jaga baik-baik jarak mobil Anda dengan mobil di depan akan adanya kemungkinan berhenti mendadak. Idealnya, mobil Anda setidaknya harus berjarak sekitar 4 detik di belakang mobil yang ada di depan.

Selain tentang menjaga jarak, yang juga harus Anda perhatikan soal mengemudi dalam hujan deras adalah menghindari gerakan tiba-tiba yang dapat berpengaruh pada keseimbangan mobil, seperti mengerem mendadak dan berbelok tajam secara tiba-tiba. Hal-hal ini dapat menambah kesempatan mobil Anda untuk selip atau tergelincir.

Lihat sekitar Anda dengan fokus. Ketika bersampingan atau ingin mendahului kendaraan besar seperti tur atau bus, waspadalah selalu kalau mereka dapat menciptakan cipratan/gelombang air yang lebih besar. Jika pengemudi mobil di belakang Anda menyetir dengan agresif dan tak sabaran, ingatlah selalu untuk tetap tenang, tak terpancing dan fokus pada proses mengemudi Anda sendiri. Bila perlu, menepilah dan biarkan mereka mendapatkan apa yang mereka mau dengan mendahului Anda. Stay calm.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment