an

Mengenal Aquaplaning dan Cara Mengatasinya


Sumber: blog.conti-online.co.uk

Sebentar lagi musim hujan datang. Sudah dipastikan, macet dan banjir akan menghadang perjalanan Anda. Ngomong-ngomong soal menerjang banjir, pernahkah Anda mendengar sebuah istilah yang disebut "aquaplane" atau "aquaplaning?"

Aquaplaning adalah sebuah kedaan dimana ban mobil berhadapan dengan jumlah air lebih dari yang bisa ia lewati. Saat mobil mengalami aquaplaning, air menumpuk dibawah ban, mengangkatnya dari permukaan jalan/tanah sehingga mobil Anda layaknya 'surfing' atau melayang di dalam air, membuat mobil kehilangan kontrol dan pegangan.

Dalam menembus banjir, Anda dapat merasakan situasi aquaplaning dari gejala-gejala seperti roda setir yang tiba-tiba tak responsif dan enteng, serta dari bunyi air yang menderu-deru dari lengkungan roda mobil. Jika hal ini terjadi, jangan panik!

Usahakan untuk tidak menginjak pedal rem sama sekali, karena justru dapat menyebabkan mobil tergelincir dan ban selip. Daripada panik nggak jelas, lebih baik Anda tenang, mengangkat kaki pelan-pelan dari pedal gas sambil tetap mengarahkan setir ke arah yang Anda ingin tuju. Secara perlahan, ban mobil akan turun dengan sendirinya hingga kembali memijak tanah/aspal dan mengembalikan kontrol kemudi pada Anda.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment