an

Petunjuk Simpel Perawatan Kaca Depan Mobil


Sumber: media.ed.edmunds-media.com

Memeriksa kondisi kaca depan mobil (windshield) amatlah penting. Sebuah lekukan/lengkungan atau retakan kecil akibat berbagai hal bisa menyebabkan kemungkinan terburuk seperti kaca pecah terjadi. Di bawah ini adalah beberapa petunjuk simpel apabila terdapat lekukan pada kaca depan mobil.
  • Apabila Anda melihat ada lekukan, periksa dengan seksama bentuk lekukan tersebut. Jika  berbentuk seperti cone, lingkaran menjorok ke dalam atau mirip sebuah bintang kecil dengan titik yang menyebar, segera perbaiki kaca depan mobil secepatnya. Itu adalah tanda-tanda masalah serius yang bisa membuat kaca depan retak besar atau bahkan pecah.
  • Jangan menyentuh atau mencoba memperbaiki lekukan tersebut. Tanpa alat-alat yang tepat dan latihan khusus, usaha Anda hanya akan memperparah keadaan.
  • Untuk penanganan darurat sementara, tempelkan pelan-pelan sebuah isolasi (tape) bening pada lekukan. Langkah ini memang takkan mencegah penyebaran lekukan, tapi setidaknya dapat mencegahnya dari kontaminasi lebih lanjut.
  • Untuk beberapa waktu, jangan cuci mobil Anda dahulu, terutama di tempat pencucian mobil. Sabun dan air dapat mengkontaminasi spot lekukan atau retak kecil tersebut, sehingga bisa membuatnya makin menyebar. Lebih baik menunggu sampai kondisi kaca depan mobil sehat kembali setelah dibetulkan.
  • Jika tidak terpaksa, lebih baik mobil jangan digunakan dahulu. Getaran yang datang saat mobil dikendarai bisa menyebabkan lekukan tersebar dan menambah buruk keadaan.
  • Jangan sekali-kali membanting pintu mobil saat menutup. Terlebih lagi dengan keadaan kaca jendela tertutup. Tekanan angin dan getarannya bisa memperburuk kondisi lekukan kaca depan mobil.
  • Sebaiknya jangan mengaktifkan defroster, pemanas atau pendingin ruangan/AC pada setting-an tinggi (maksimal). Hindari parkir mobil di bawah panas sinarnya matahari langsung. Perubahan suhu di dalam interior yang cepat dan kontak yang terlalu lama dengan sinar matahari dapat makin memperlemah kondisi kaca depan mobil Anda.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment