an

Agar Mengemudi Jarak Jauh Saat Malam Hari Lebih Aman


Sumber: chromogenic.net

Mengemudikan mobil jarak jauh di malam hari selain melelahkan, juga kadang menyebalkan. Kondisi fisik seseorang yang relatif lebih cepat lelah pada malam hari juga amatlah berpengaruh. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membuat mengemudi jarak jauh pada malam hari menjadi lebih aman.    

Arahkan lampu mobil secara benar - Pada beberapa produk mobil, terutama keluaran baru, lampu utama mobil kadang menyorot ke arah yang tidak sama atau lebih rendah dari yang dibutuhkan. Untuk mengatasinya, bisa melalui beberapa percobaan yang bisa Anda lakukan sendiri, berdasarkan petunjuk user manual mobil. Namun, tetap pastikan arah baru sinar lampu tersebut tidak mengganggu lalu lintas di depan.

Redupkan lampu-lampu instrumen pada dashboard - Hal ini untuk membantu mengurangi efek pendaran cahaya yang dapat mempengaruhi penglihatan.

Jangan menatap sinar lampu yang mendekat - Sinar terlalu terang tentu dapat mengacaukan konsentrasi pada saat malam hari. Alihkan segera pandangan dari sumber cahaya lain di jalan sebisa mungkin, baik yang mendekat dari depan atau yang terpantul lewat kaca-kaca spion.

Lap kaca depan mobil dengan kertas koran - Ini adalah sebuah trik unik untuk menghindari silau dari kaca mobil sendiri. Fungsinya, menghilangkan residu dari kaca yang mengkilat akibat di-polish saat siang hari. Namun, jangan sampai tangan Anda menyentuh bagian depan kaca mobil, jendela samping atau kaca spion. Sediakan juga kain lap dari bahan cotton atau mikrofiber di mobil.

Pasang lampu kabut - Sesuai dengan namanya, tugas lampu ini adalah menolong pengemudi melihat menembus kabut. Lampu kabut juga ternyata dapat membantu banyak meski jalanan dalam keadaan tak berkabut, karena pancaran lampunya menyebar lebih luas dibanding lampu biasa.

Bersihkan dan arahkan kaca spion - Kaca spion yang kotor merefleksikan sinar lampu dari mobil di belakang Anda secara lebih lebar dan menyebar sehingga menimbulkan silau pada mata. Jika ada, jangan lupa untuk mengaktifkan Night atau Auto Dim setting pada rear view mirror mobil untuk mencegah silau.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment