an

Fitur-fitur Canggih untuk Membantu Mengemudi Saat Malam Hari


Sumber: tomschimmer.files.wordpress.com

Kekhawatiran para konsumen akan perlunya fitur-fitur penunjang keamanan saat mengemudi di malam hari rupanya sangat dipahami oleh para produsen otomotif. List berikut ini adalah beberapa inovasi teknologi car safety paling cutting edge yang bisa membuat mengemudi mobil pada malam hari menjadi lebih aman.

Adaptive Cruise Control
Meski bukan sepenuhnya alat bantu untuk mengemudi pada malam hari, sistem ini tetap akan sangat membantu. Kenapa? Kebanyakan sistem ini melakukan scan pada kondisi lalu lintas yang ada di depan dan dapat mengatur kecepatan mobil Anda sendiri. Hasilnya, saat mobil mendekat terlalu cepat pada kendaraan lain di gelapnya malam, ia membantu mengurangi kecepatan.

Blind Spot Monitoring
Sistem ini dapat membantu kapan saja, baik siang maupun malam. Menggunakan radar yang ditanam pada body samping mobil, ia akan memperingatkan pengemudi akan keberadaan kendaraan tak terlihat yang sudah terlalu dekat.

Driver Alert System
Saat ini, makin banyak produk mobil yang menggunakan sistem ini. Akan menimbulkan suara atau cahaya peringatan jika mendeteksi kontrol setir si pengemudi menjadi tidak menentu. Sistem pada Lexus bahkan mampu meneliti wajah pengemudi untuk melihat apakah ia mengantuk atau tertidur.

Forward Crash Alert
Mirip dengan Adaptive Cruise Control, sistem ini memonitor apa yang ada di depan. Bedanya, sistem ini tak mengurangi kecepatan atau menghentikan mobil sebelum menabrak. Ia hanya akan memperingatkan dengan suara atau lampu agar kita kembali waspada dan mengembalikan kontrol pada kemudi ketika melewati jalanan gelap dan tak menyadari keberadaan mobil lain.

Lane Departure Warning
Sistem yang memperingatkan pengemudi apabila berpindah jalur tanpa disadari, sebuah hal yang biasa terjadi saat keadaan lelah dan mengantuk. Dengan menggunakan getaran pada setir, bunyi ataupun nyala lampu, Lane Departure Warning akan membuat pengemudi kembali tersadar apabila mobil sudah keluar dari jalur yang seharusnya.

Night Vision
Banyak terdapat pada mobil-mobil berteknologi canggih. Dengan memakai teknologi infra merah, ia akan memproyeksikan image-image objek pada sebuah layar khusus. Beberapa dari sistem ini bahkan mampu mendeteksi keberadaan pejalan kaki.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment