an

Aman Menembus Banjir dengan Mobil


Sumber: static.guim.co.uk 

Berencana menembus banjir dengan mobil? Jika memang betul-betul terpaksa harus dilakukan, hal yang musti diingat adalah banjir terkadang berbahaya. Selain itu, waspadai juga kemungkinan banjir dapat merusak mobil Anda. Sebelum menerjangnya dengan mobil, Anda harus benar-benar yakin bahwa proses tersebut akan berjalan dengan aman.

Sebelum nekat menerjang banjir, perhatikan dulu mobil lain yang sudah melakukannya lebih dahulu untuk dapat memperkirakan tingkat kedalamannya. Jika tak ada mobil lain di sekitar yang melakukannya, jangan ambil resiko. Bisa saja ada rintangan tak terlihat di dalamnya, atau kemungkinan aliran air yang cukup deras dan sanggup menyapu mobil Anda. Jika ragu, jangan lakukan!

Jika menembus banjir benar-benar Anda pilih, pastikan jalur yang ditempuh dalam keadaan aman. Jangan terlalu terburu-buru masuk ke dalam air saat ada kendaraan lain di dalamnya. Mereka bisa berhenti kapan saja dan menyebabkan Anda ikut terjebak di dalam banjir. Cobalah juga untuk menempatkan mobil dalam titik tertinggi.

Jangan mengemudikan mobil Anda terlalu kencang, karena dapat beresiko menimbulkan Aquaplane. Temukan kecepatan yang membuat Anda nyaman. Saat sudah berada dalam kecepatan yang dirasa cukup, usahakan jangan melambat. Penurunan kecepatan dapat membuat air masuk ke mesin lewat radiator grille atau tersedot ke dalam pipa knalpot, yang bisa berakibat fatal.

Saat Anda sudah mampu melewati area banjir dengan aman, jangan lupa untuk mengetes rem mobil sebelum melanjutkan perjalanan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment