an

Menarik Beban Tambahan di Belakang Mobil? Ikuti Hal-hal Ini


Sumber: autotrader.com

Menggunakan mobil untuk menarik trailer atau objek lainnya? Untuk banyak alasan, hal tersebut harus mendapat perhatian serius karena sangat terkait dengan keselamatan banyak orang. Apa saja beberapa 'peraturan' simpelnya agar tidak berubah menjadi bencana?

Pertama-tama, sudah pasti Anda membutuhkan kendaraan yang mempunyai performa prima. Idealnya, mobil tidak boleh menarik lebih dari 75% beban maksimum yang telah dianjurkan. Hal tersebut selain membebankan tekanan ekstra pada mobil, juga membuat mengemudi menjadi lebih berbahaya. Itulah alasan kenapa truk dan SUV lebih banyak digunakan untuk menggandeng beban karena bobot mereka yang berat dapat mengontrol beban yang ditarik dengan lebih mudah. Selain itu, mesin dan kontruksi body-on-frame truk dan SUV juga lebih mendukung.

Memilih hardware sambungan yang tepat dan kuat juga amatlah penting. Ukuran bola penggandeng amatlah bervariasi mulai dari 1,78 inci sampai 2,5 inci. Memastikan ukuran bola yang tepat akan menambah keamanan pada koneksi antar mobil dan trailer/caravan/mobil lain yang diderek.

Distribusi beban juga adalah salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Cara yang tepat dan mudah untuk memeriksa distribusi berat adalah dengan memperhatikan rig derek dan memastikan bahwa mobil dan objek yang diderek dalam posisi sama-sama datar.

Selanjutnya, adalah peraturan yang terpenting; jangan pernah terburu-buru. Selalu sempatkan waktu untuk mengecek berulang-ulang sambungan antara mobil dan objek yang ditarik. Gunakan rantai pengaman tambahan untuk memastikan trailer tetap tersambung meski bola konektor secara tak sengaja terlepas. Hal spesifik lain yang harus diperiksa adalah tekanan ban, tingkat kelonggaran di konektor serta fungsi lampu-lampu.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment