an

Pengobatan Katarak Bagi Penderita Diabetes



http://www.childhealth-explanation.com/images/diabetic-caatract.jpg
Sumber: http://www.childhealth-explanation.com





Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling ditakutkan oleh setiap orang di dunia. Penyakit ini dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi dari ujung kepala hingga ujung kaki. Penyakit ini juga membuat orang harus rutin menjaga pola makan hingga aktivitas sehari-hari. Katarak yang juga menjadi salah satu komplikasi yang paling sering muncul bagi penderita diabetes membutuhkan penanganan khusus dibandingkan penderita mata katarak lainnya.

Pengobatan yang dapat dilakukan bagi penderita katarak dengan diabetes adalah:

1. Pemberian enzim Aldose-Reductase Inhibitors
Enzim yang terdapat pada tubuh hewan dan tumbuhan ini dapat menghambat gula darah sehingga mengurangi jumlah katarak pada mata. Penelitian yang pernah dilakukan terhadap hewan menghasilkan pembengkakan yang berkurang pada lensa matanya.
2. Pengobatan antioksidan
Pengobatan ini dilakukan ketika telah terjadi kerusakan pada jalur polyol yang dapat mempercepat perkembangan katarak. Pemberian antioksidan ini dapat mengurangi perkembangan katarak pada mata dan mengurangi akumulasi volume cairan pada bola mata.

3. Terapi farmokologi
Terapi ini biasanya dilakukan setelah operasi penggantian lensa mata dilakukan. Terapi ini dilakukan agar enzim sikloosigenase yang memproteksi produksi enzim prostaglandin dapat dihambat dan perkembangan katarak pada mata dapat dikendalikan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment