an

Mengapa DM Bisa Menyebabkan Katarak?

Mata Katarak | Pengobatan Katarak | Operasi Katarak

Sumber: www.dokterkamu.com

Diabetes Melitus (DM) merupakan sebuah penyakit yang dapat mengganggu seluruh metabolisme tubuh, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Penyakit ini menyebabkan gangguan pada gula darah yang berefek pada membusuknya luka akibat sulit untuk disembuhkan, amputasi, kebutaan, hingga kematian. Salah satu yang dapat menyebabkan katarak adalah DM, sehingga tidak jarang orang yang sudah didiagnosis mengidap DM mengalami penurunan kemampuan fungsi penglihatan.

DM menimbulkan kelainan pada pembuluh darah kecil sehingga menghambat jalannya aliran darah dengan baik, termasuk ke mata. Ketika DM semakin meningkatkan kadar gula darahnya, maka pembuluh darah juga akan semakin sulit mengalirkan darah ke mata. Imbasnya adalah mata menjadi kekurangan pasokan oksigen yang dapat menyebabkan kebocoran pada retina.

Jika kebocoran sudah terjadi, maka katarak pun akan mulai tampak pada mata. Mengingat orang yang memiliki DM perlu penanganan khusus, katarak yang terjadi pada mata pun perlu dikonsultasikan dengan ahli mata serta tim medis yang menangani DM sang pasien.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment