an

Perawatan Mobil Diesel yang Mudah


Tahun 2013 ini pasar otomotif Eropa akan diramaikan dengan hadirnya mobi bermesin diesel.

Di Indonesia sendiri mobil diesel tetap banyak diminati oleh masysrakat. Selain diklaim lebih irit mobil diesel juga mudah dalam hal perawatan.

Berikut Dunia Otomotif - Ghiboo akan merangkum beberapa tip merawat mobil diesel dari majalah Tuning Car edisi 14:

mesin diesel
pic : ist
1. Hindari debu
Debu yang menempel pada ruang mesin dan saringan udara sangat mengganggu performa mesin diesel. Bersihkan filter udara minimal 5.000-10.000 km

2. Bersihkan filter solar
Kotoran yang ada pada bahan bakar solar akan disaring oleh saringan solar, oleh sebab itu ganti filter solar secara rutin atau maksimal setiap 3000 km.

3. Ganti oli secara rutin
Penggantian oli secara rutin akan memperpanjang usia pakai kendaraan. Gunakan oli mesin yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

4. Pilih kualitas solar yang baik
Bagi mesin diesel dengan teknologi commonrail kualitas solar yang rendah akan mengotori pompa injektor sehingga mobil terasa tidak bertenaga.

5. Perhatikan isi tangki solar
Jangan pernah membiarkan tangki solar dalam keadaan kosong karena akan menyebabkan pengembunan dan kerusakan pada filter solar.

Pada umunya merawat mobil diesel lebih mudah dari mobil bensin. Namun jika terjadi kerusakan akan menimbulkan masalah yang lebih berat, jadi tidak ada salahnya jika tetap merawat mobil diesel Anda dengan baik.

sumber : Ghiboo.com oleh : Pius Yosep Mali

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment