Cara Mengganti dan Memasang Aki

Posted by Editorial WALGREAT

Dunia Otomotif - Accu atau biasa disebut aki merupakan sumber listrik utama untuk kendaraan.

Biasanya aki terletak di dekat mesin, hal ini untuk memudahkan melakukan pengecekan maupun perawatan karena fungsinya yang sangat penting.
Tips memasang aki
Ist

Berikut ini tip untuk Mengganti dan Memasang Aki yang disarikan dari majalah Target Car :

1. Lepaskan kabel dari aki lama, cabut bagian negatif terlebih dahulu. Longgarkan mur klem atau baut (perhatikan juga rincian posisinya karena beberapa kendaraan tidak sama posisi kelmnya) dan angkat baterai. Berhati-hatilah untuk tidak menjatuhkannya, dan tetap tegak untuk menghindari tumpahan asam pada aki.

2. Pasang aki baru, kencangkan dengan kunci pas dan hubungkan kabel, kali ini bagian negatif yang terakhir. Untuk melindungi terhadap resiko korosi terminal, dapat dengan cara menyemprotkan anti-korosi.

3. Periksa apakah sambungan kabel negatif ke badan kendaraan bersih dan kuat. Lepaskan terlebih dahulu dan bila perlu bersihkan dengan sikat kawat.

4. Drive belt alternator yang kendur atau rusak dapat menyebabkan aki mati. Jadi ada baiknya Anda juga mengecek belt tersebut.

Walaupun aki bisa diisi ulang, namun ada baiknya jika aki kendaraan yang sudah tidak berfungsi segera diganti agar tidak mengganggu komponen kelistirkan lain. (PYM)​


Source: Ghiboo.com
Oleh : Pius Yosep Mali

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar