an

Ingin Ajukan Klaim Asuransi Kesehatan? Baca Dulu Tips Ini!


Klaim Asuransi
Foto: masterrestorationservices.com

 Sebelum Anda mengajukan klaim asuransi kesehatan sebaiknya Anda mengetahui apa saja yang harus Anda lakukan dan persiapkan agar Anda tidak kerepotan dan tentu agar klaim asuransi Anda diterima.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebelum mengajukan klaim ke perusahaan asuransi:
  • Baca kembali dengan teliti pasal-pasal di polis asuransi kesehatan Anda
1.  Pastikan Anda mengetahui manfaat yang akan Anda terima dari polis asuransi kesehatan Anda (limit maksimum untuk masing-masing item perawatan dan sisa limit yang Anda miliki)
2.   Prosedur klaim, misalnya dokumen apa saja yang harus disiapkan.
3.   Mengetahui rumah sakit mana saja yang menjadi rekanan perusahaan penyedia asuransi kesehatan Anda
4. Mengetahui pengecualian-pengecualian, yaitu jenis penyakit atau metode perawatan apa yang dikecualikan,
  • Semua berkas-berkas klaim yang Anda ajukan harus difoto copy terlebih dahulu, untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan, misalnya administrasi perusahaan Anda ternyata tidak teliti sehingga berkas-berkas asuransi Anda hilang atau rusak.
  • Pelajari dengan teliti rincian biaya tagihan rumah sakit, karena pihak rumah sakit akan meminta Anda menandatangani rincian biaya perawatan yang akan ditagihkan ke pihak asuransi atau kepada Anda.
  • Ajukan berkas-berkas klaim asuransi sesegera mungkin. Perusahaan asuransi umumnya memiliki masa daluwarsa pengajuan klaim.
  • Jika klaim asuransi Anda ditolak, pelajari dan teliti alasan penolakan tersebut. Lalu Anda cek pasal-pasal di perjanjian polis asuransi, jika penolakan tersebut tida terdapat di pasal perjanjian polis asuransi, Anda berhak mengajukan penolakan.
  • Jika Anda mengajukan klaim dengan nominal yang sangat besar, disarankan Anda meminta bantuan pengacara. Perusahaan asuransi akan menanggapi sangat serius bila Anda memakai jasa pengacara, karena ini menyangkut reputasi perusahaan. 


(Berbagai sumber)

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment